Cara Memelihara Jentik Nyamuk

Memelihara jentik nyamuk? nyamukkan merupakan salah satu hewan yang paling menjengkelkan di muka bumi ini, ditambah lagi ada beberapa jenis nyamuk yang berbahaya bagi manusia contohnya nyamuk Aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Jentik Nyamuk


Namun ternyata jentik nyamuk sangat bermamfaat sekali bagi para pecinta ikan hias, jentik nyamuk bisa di mamfaatkan sebagai pakan alami yang baik bagi ikan hias. Tapi jentik nyamuk akan sangat sulit dicari pada musim musim tertentu. Biasanya nyamuk akan berkembang biak sangat banyak pada musim tropis terutama pada tempat-tempat yang terdapat banyak genangan air . Nyamuk betina akan menghasilkan bayak telur setelah proses kawin dan memiliki cadangan makanan dari menghisap darah baik manusia maupun darah hewan.

Setelah melalui proses perkawinan nyamuk betina menghisap darah, dan kurang dari 1 minggu nyamuk betina akan mencari tempat untuk meletakan telurnya. nyamuk meletakan telurnya di permukaan genangan air yang ditumbui tumbuhan atau air air kotor.

Memelihara jentik nyamuk cukup mudah dilakukan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

Pembibitan

  • Pertama yang harus dipersiapkan adalah wadah yang akan dijadikan sebagai tempat nyamuk meletakn telurny. Bisa mengunak ember yang berdaimeter 30cm atau lebih dan usahakan lebih dari satu, makin banyak makin bagus
  • Isi wadah tadi dengan air cucian beras, atau air biasa kemudian tambahkan sedikit air got, karna nyamuk suka bertelur pada air-air kotor
  • Simpan wadah tadi di tempat gelap, atau tempat yang banyak terdapat nyamuk, contohnya di gudang.
  • Tunggu 3 sampai 4 hari kemudian periksa apakah ada tanda-tanda sudah terdapat telur nyamuk. Biasa nya jika sudah terdapat telur nyamuk, dipermukaan air akan terlihat telur mengumpul.
  • Kemudian ambil telur tadi pindahkan Kewadah  lain untuk ditetaskan.
Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan cukup mudah setelah telur nyamuk dipindahkan ke wadah baru, jika air yang digunakan air bekas cucian beras jentik nyamuk tidak perlu dikasih makan dibiarkan saja sampai masa panen. namun jika air yang digunakan air biasa jentik nyamuk harus diberi makan, makanan bisa berupa potongan daun daun yang di haluskan.

Memelihara jentik nyamuk sendiri sangat bagus untuk dijadikan pakan ikan hias,selain itu memelihara jentik nyamuk sendiri akan mengurangi biaya pakan ikan hias, dan dijamin kebersihannya, karna kalau kita mengambil lansung jentik nyamuk dari selokan tidak terjamin, bisa jadi jentik nyamuk sudah terkontaminasi dengan zat kimia berbahya yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan ikan hias. Semoga Bermamfaat.

0 Response to "Cara Memelihara Jentik Nyamuk"

Post a Comment