Pakan Alami Ikan Hias Air Tawar

Pakan meruupakan hal utama selain air yang mendukung kelangsungan hidup ikan hias, dengan memberikan pakan yang baik dan bergizi akan menjaga kesehatan dan keindahan ikan hias peliharan anda. Pakan Ikan hias ada dua jenis yaitu pakan alami dan buatan ( Cara Membuat Pakan Ikan Hias ). Namun pada kesempatan ini saya akan membahas pakan alami yang biasa diberikan pada ikan hias diantaranya:

1.Infusoria
yaitu protozoa (bianatang bersel satu).hewan ini berkembang biak dengan cara membelah sel. Infusoria atau nama lainnya Cilata dapat ditemukan di genagan air seperti di rawa-rawa, sawah, got, ataupun ditempat genagan air lainnya.

Biasanya infusoria diberikan sebagai pakan alami untuk benih benih ikan hias yang masih berumur 4 sampai 7 hari.

2.Cacing Sutera

Pakan alami ikan hias

Cacing  sutera merupakan pakan alami yang populer di kalangan pencinta dan pembudidaya ikan. Cacing yang berwarna merah yang tampak seperti benang kusut ini dapat dengan mudah ditemukan diperairan yang berarus pelan dan banyak di jumpai bahan organik , seperti limbah aliran limbah pembuangan rumah tangga,

Cacing sutera biasanya diberikan kepada ikan yang berumur 20 hari, cacing ini diberikan kebenih ikan untuk mempercepat pertumbuhan ikan.

3.Jenti Nyamuk

Pakan alami ikan hias


Satu lagi makanan yang terkenal berprotein tinggi ialah jentik nyamuk, makanan yang disukai hampir semua jenis ikan tanpa risiko sampingan. Jentik nyamuk yang tak lain dari larva nyamuk itu sebetulnya bukanlah makhluk air asli. Ia berasal dari filum Arthopoda, kelas Insecta, subkelas Pterygota, dari ordo Diptera. Larva nyamuk ini berasal dari nyamuk biasa, artinya nyamuk yang biasa mengganyang kita di rumah. Jadi bukan larva nyamuk Anopheles, Aedes Maupun Thelobia yang ganas itu.

Jentik nyamuk biasanya diberikan pada ikan yang dewasa ataupun ikan yang akan di jadikan indukan.

4.Kutu Air
Adalah jenis udang renik yang banyak ditemukan di sawah-sawah, got ( pembuagan rumah tangga ), kolam-kolam dan danau.bentuk tubuh kutu air pipih bening dan tembus pandang. Kutu air yang sering di jumpai adalah jenis Monia sp dan Dephnia sp.

Makluk ini diberikan kepada ikan yang berumur 8 hari keatas, sebelum dibrikan kepada ikan hendaknya kutu air dibersihkan dulu.

0 Response to "Pakan Alami Ikan Hias Air Tawar"

Post a Comment