Tips Memelihara Ikan Hias Dalam Akuarium

Memelihara ikan hias sebenarnya gampang gampang susah, ikan hias termasuk ikan yang membutuhkan perhatian khusus dalam pemeliharaannya. Dan juga setiap ikan punya cara pemeliharaan tersendiri itu tergantung beberapa faktor . Apakah itu ikan hias jenis air tawar atau ikan air laut, dan besar kecil dari ikan hias juga berpengaruh.

akuarium hias , ikan hias air tawar, ikan hias air tawar.

Nah disini Langit Akuarium ingin menjelaskan cara merawat ikan hias secara umum,agar ikan hias tetap indah dan sehat.

1. Tentukan ikan hias yang ingin dipelihara
Pertama anda harus menentukan ingin memelihara ikan jenis apa dulu , apakan itu jenis ikan hias air tawar atau ikan hias air laut. Agar nantinya dalam pemeliharaan tidak susah.

2. Mengabungkan beberapa ikan dalam satu akuarium
Jika anda mengabungkan beberapa jenis ikan hias dalam wadah atau akuarium, perhatikan apakan ikan yang anda pelihara saling beradu antara bebearapa jenis ikan , atau bahkan saling makan.

3. Perhatikan pakan ikan 
Perhatikan pakan ikan hias anda , apakah cocok dengan jenis ikan yang anda pelihara atau tidak . Akibat nya nanti jika salah ngasih pakan , ikan hias anda bisa sakit atau bahkan bisa mati. Kesalahan dalam memberikan pakan ikan hias tidak akan memakan pakan tersebut, akibatnya pada sisa sisa pakan akan timbul backteri yang menggangu kesehatan ikan.

4. Menjaga kebersihan akuarium
Kondisi akuarium juga harus dijaga , bersihkan akuarium secara berkala . Hal ini dilakukan menghidari akuarium ditumbuhi jamur , selain mengurangi keindahan dari akuarium ini juga bisa mempengaruhi kesehatan ikan.

5. Menjaga kondisi air
Air yang bersih merupakan kunci dalam merawat ikan hias dalam akuarium. ini diperlukan agar kodisi ikan tetap sehat. Jika anda memelihara ikan air tawar , dianjurkan menggunakan air tanah , karena ph ( tingkat keasaman ) lebih sedikit ketimbang air sungai. Namun tidak ada salah nya jika memnggunakan air lain seperti air PAM asal air nya bersih. Dan ganti air dalam akuarium minimal 2 atau 3 minggu sekali. Anda juga bisa menambahkan cairan anti kuman khusus akuarium akan konddisi ikan tetap sehat.

7.Perhatikan ikan yang sakit
Jika ada ikan yang sakit segera pisahkan dari akuarium. penyakit yang biasanya terjadi pada ikan antara lain, jamur, white spot, cacing. jika ada ikan yang sakit segera beri pertolongan. 

6. Aksesoris akuarium
Beberapa jenis ikan membutuhkan pompa air agar dia tidak stres. Penyaring air, pompa udara,lampu merupakan peralatan wajib jika anda meletakan akuarium dalam ruangan. untuk memperindah tampilan akuarium, anda bisa menambahkan aksesoris seperti kerikil , pasir halus , rumput mainan, dan banyak lagi

0 Response to "Tips Memelihara Ikan Hias Dalam Akuarium"

Post a Comment